Pengetahuan
konsumen adalah semua informasi yang dimiliki konsumen mengenai berbagai macam
produk dan jasa, serta pengetahuan lainnya yang terkait dengan produk dan jasa
tersebut dan informasi yang berhubungan dengan fungsinya sebagai konsumen.
Pengetahuan konsumen akan mempengaruhi keputusan pembelian.
Sumber
Daya Konsumen adalah semua pendapatan atau kekayaan yang dimiliki seorang
konsumen yang bertujuan untuk menentukan apa yang akan dibeli oleh konsumen
(keputusan konsumen). Sumber daya konsumen terhadap pembelian terkait
dengan pendapatan yang didapat setiap konsumen. Tinggi atau rendahnya
pendapatan konsumen, mempengaruhi pengeluaran mereka terhadap suatu barang.
Terdapat 3 macam sumber
daya konsumen yaitu:
1.
Sumber Daya Ekonomi – Uang
Sumber
daya Konsumen dipengaruhi oleh potensi sumber daya ekonomi, atau biasa dikenal
dengan potensi ekonomi. Keadaan ekonomi konsumen sangat mempengaruhi konsumen
tersebut dalam mengambil suatu keputusan. Keputusan konsumen sehubungan dengan
produk sangat dipengaruhi oleh jumlah sumber daya ekonomi yang dimiliki
pada saat ini maupun pada masa yang akan datang. Berikut ini adalah pembagian
sumber daya ekonomi (pendapatan) konsumen, yaitu:
a)
Sumber daya ekonomi individu.
b)
Sumber daya ekonomi keluarga.
c)
Sumber daya ekonomi rumah tangga.
Selain pendapatan, sumber
daya ekonomi lainnya yaitu kekayaan (asset / nilai bersih) dan kredit. Kekayaan
seseorang berkorelasi dengan pendapatan orang tersebut.
2.
Sumber Daya Temporal – Waktu
Waktu
menjadi salah satu variabel yang semakin penting dalam memahami perilaku
konsumen. Banyak konsumen yang semakin mengalami kemiskinan akan waktu, karena
kesibukan dalam kegiatan sehari-hari. Namun demikian ada suatu bagian waktu
yang dihabiskan untuk kegiatan yang sangat peribadi yaitu waktu senggang.
Secara historis, anggaran waktu konsumen dianggap memiliki dua komponen, yaitu
waktu kerja dan waktu senggang. Menurut Lane dan Lindquist, anggaran waktu
konsumen terbagi atas:
a)
Waktu yang menghasilkan pendapatan
b)
Waktu terikat (wajib dan non-wajib)
c)
Waktu tidak terikat (terencana dan tidak terencana)
3.
Sumber Daya Kognitif – Perhatian
Sumber
daya kognitif menggambarkan kapasitas mental yang tersedia untuk menjalankan
berbagai kegiatan pengolahan informasi. Karena kapasitas tersebut terbatas,
orang harus selektif dalam apa yang mereka perhatikan dan berapa banyak
perhatian dialokasikan selama pengolahan informasi. Perhatian terdiri dari dua
dimensi:
a)
Arahan (direction) menggambarkan fokus perhatian
b)
Intensitas mengacu pada jumlah kapasitas yang difokuskan pada arahan
tertentu.
Sumber : Wikipedia
Indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar